HomePendidikan

Wali Kota Habib Hadi Saksikan Kelulusan Sekolah Secara Virtual

Wali Kota Habib Hadi Saksikan Kelulusan Sekolah Secara Virtual

INFO PROBOLINGGO – Sebanyak 211 siswa tahun ajaran 2019/2020 SMP Negeri 7 Kota Probolinggo melaksanakan pengumuman kelulusan secara virtual, Jumat (5/6). Prosesi tersebut disaksikan Wali Kota Hadi Zainal Abidin dan Sekda drg Ninik Ira Wibawati dari Command Center, Kantor Wali Kota.

Setiap tahunnya, saat proses kelulusan siswa, SMPN 7 memberikan penghargaan Anugerah Satwika kenaikan siswa untuk kelas VII dan VIII serta kelulusan siswa kelas IX. Anugerah Satwika itu diberikan kepada siswa meraih prestasi di bidang akademik maupun non akademik. Diantaranya Satwika Akademik I, Satwika Akademik 2, Satwika Akademik 3, Satwika Akademik Kepribadian Terbaik, Satwika Olahraga, Satwika Seni, Satwika Pemustaka terbaik dan Satwika Pegiat Literasi.

Di Indonesia bahkan di dunia, anak didik mulai dari pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah hingga kalangan mahasiswa pun mengalami hal yang sama. Angkatan Tahun Ajaran 2019/2020 begitu dramatis, karena tiba-tiba kita dilanda bencana non alam, penyebaran COVID 19.

Perubahan terjadi dalam keseharian baik secara individu maupun bermasyarakat dampak perubahan terjadi di semua bidang, termasuk bidang pendidikan. Sehingga proses belajar dari rumah pun harus ditetapkan oleh pemerintah.

Hal itu disampaikan Wali Kota Habib Hadi dalam sambutannya, ia ikut memberikan semangat kepada para siswa yang mengikuti kelulusan virtual tersebut. “Lebih bersemangat lagi dalam belajar untuk melanjutkan pendidikan, karena meski belum dapat dipastikan kapan proses belajar mengajar dan masuk sekolah dimulai, saya berharap kalian tidak berkecil hati. Semoga kami di pemerintahan ini dapat memberikan solusi agar belajar mengajar di lembaga pendidikan dapat kembali dilaksanakan seperti sedia kala,” kata Habib Hadi.

Menurut wali kota, perubahan kondisi yang terjadi saat ini menjadikan peranan orang tua menjadi sangat penting, karena anak-anak lebih banyak beraktivitas dari rumah. Pembelajaran yang diberikan oleh guru pun dikerjakan secara virtual atau online.

“Orang tua menjadi yang terdepan dalam mengawal dan mendampingi anak-anak di masa pandemi ini. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada siswa siswi SMPN 7 Kota Probolinggo serta penerima penghargaan Anugerah Satwika. Semoga ilmu kalian bermanfaat dan tetap semangat belajar meski harus berhadapan dengan perubahan dalam tatanan kehidupan ini,” sambungnya.

Sementara itu dihubungi langsung melalui telepon selulernya, Sudarmanto Kepala SMPN 7 mengungkapkan rasa syukurnya atas terselenggaranya kelulusan virtual ini. “Alhamdulillah, saya merasa senang dan bangga karena dapat melayani peserta didik kami dalam hal pengurusan kelulusan walaupun di tengah badai pandemi COVID 19. Meskipun penyelenggaraan acara tadi banyak kekurangan karena acara tak disangka sebelumnya,” ungkapnya penuh haru.

Hal yang sama dirasakan Siti Nurhaliza, siswa kelas IX F itu tidak menyangka bakal merasakan kelulusan tidak ramai seperti tahun sebelumnya. “Sebenarnya sih sedikit sedih, soalnya kelulusan yang dinanti-nanti dari kelas VII harus dilaksanakan seperti ini. Tapi saya juga harus mengerti bagaimana keadaannya, jadi walaupun diakan secara virtual saya sendiri tetap merasa bahagia dan semangat,” ujar Siti.

Selanjutnya Aldy IX F juga mengungkapkan hal senada, “ Wah, Alhamdulillah senang banget bisa lulus walaupun tidak semeriah tahun kemarin. Dan ini merupakan acara kelulusan yang paling berkesan dan unik bagi saya,” tuturnya.

“Alhamdulilah sekali saya sangat senang karena walau di tengah pandemi ini kami masih bisa berjumpa walau hanya lewat layar. Saya mengaku bangga karena bapak dan ibu guru masih memberikan apresiasi untuk anak didiknya,” kata Dinda siswa IX F. (dewi/pemkot)