Kampung Dora WPS Kraksaan Gelar Aksi Kemanusiaan Donor Darah

Reputasi tersebut tidak didapat secara instan, namun karena rutin melaksanakan kegiatan donor darah selama tiga tahun terakhir. Dari tahun ke tahun antusias masyarakat setempat semakin meningkat, terbukti dengan selalu bertambahnya jumlah pendonor pada setiap gelaran acara

595

 

KRAKSAAN-ONLINE.ID | KRAKSAAN, Rutin menggelar aksi kemanusiaan donor darah sejak tahun 2019 lalu, kini lingkungan masyarakat Perumahan Wisma Pengadangan Sejahtera (WPS) Kraksaan dikenal sebagai “Kampung Dora” (Donor Darah).

Reputasi tersebut tidak didapat secara instan, namun karena rutin melaksanakan kegiatan donor darah selama tiga tahun terakhir. Dari tahun ke tahun antusias masyarakat setempat semakin meningkat, terbukti dengan selalu bertambahnya jumlah pendonor pada setiap gelaran acara. Salah satunya dapat dilihat pada aksi keenam, Minggu (20/6/2021) di Mushola Baitus Salam WPS Kraksaan.

Tak hanya diikuti dari masyarakat setempat saja, kali ini aksi tersebut juga dihadiri oleh beberapa masyarakat dari luar WPS yang juga berkeinginan menyumbangkan darahnya. Diantaranya adalah para relawan millenial SMKN 2 Kraksaan yang juga bersemangat berdonor.

Dukungan berbagai pihak pun mengalir, sehari sebelumnya Kampung Dora WPS berkesempatan menerima piala bergilir kemanusiaan dari Ketua Forum Kabupaten Probolinggo Sehat (FKPS) dr Mirrah Samiyah. Piala tersebut sebelumnya juga pernah diterima oleh Bupati Probolinggo Hj P Tantriana Sari SE pada saat menggelar aksi serupa sebelumnya.

Apresiasi juga disampaikan oleh Sekretaris PMI Kabupaten ProbolinggoIsmail Pandji yang saat itu hadir untuk mengawal langsung jalannya penyadapan darah. Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan rasa bangga karena aksi donor darah ini juga memberikan kesempatan bagi masyarakat luar terutama para generasi millenial.

“Tidak hanya sebatas ingin berbuat bagi sesamanya, ternyata mereka juga punya misi menularkan virus kebaikan ini bagi kalangan milenial. Selain akan menjadi kebiasaan baik kelak bagi mereka. Semoga semangat mereka ini mampu menjadi bola salju dan mampu menginspirasi yang lain,” ujarnya.

“Dari perspektif manapun donor darah tidak akan merugikan kita sedikitpun. Dari sisi kesehatan dengan berdonor kita akan semakin sehat karena kualitas darah kita semakin bagus. Dari perspektif kemanusiaan tentu kita akan mendapatkan pahala dari Allah SWT,” imbuhnya.

Apresiasi senada juga disampaikan Camat Kraksaan Ponirin, tentang kepedulian yang ditunjukkan oleh masyarakat dan para remaja milenial disebutnya sebagai aset yang harus dipertahankan. Aksi donor darah juga merupakan media pembelajaran efektif bagi para generasi muda tentang kemanusiaan.

“Semoga kedepan aksi sosial kemanusiaan ini bisa ditiru oleh desa maupun lingkungan pemukiman masyarakat lainnya. Saya harap para panitia disini juga bisa menjadi agen-agen untuk menularkan semangatnya di lingkungan lainnya,” katanya.

“Atas nama pemerintah daerah kami sangat apresiasi karena kondisi stok darah di Kabupaten Probolinggo selalu kritis karena kebutuhan yang cenderung tinggi saat ini. Semoga semakin tingginya antusias masyarakat tentang donor darah stok darah Kabupaten Probolinggo kedepannya akan selalu aman,” ungkapnya. (*)

Anda mungkin juga berminat