Mobilitas Ambulans Siaga di Masa Pandemi Terus Meningkat

Program prioritas Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin untuk menyediakan ambulans siaga di 29 kelurahan dalam satu tahun kepemimpinannya, nampak jelas memberikan manfaat apalagi di masa pandemi Covid 19. Mobilitas ambulans siaga meningkat dalam beberapa waktu terakhir.

559

 

KRAKSAAN-ONLINE.ID | PROBOLINGGO, Program prioritas Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin untuk menyediakan ambulans siaga di 29 kelurahan dalam satu tahun kepemimpinannya, nampak jelas memberikan manfaat apalagi di masa pandemi Covid 19. Mobilitas ambulans siaga meningkat dalam beberapa waktu terakhir.

“Ya, keberadaan ambulans siaga sangat membantu percepatan penanganan pasien Covid 19. Terlebih beberapa minggu terakhit akibat lonjakan kasus konfirm positif Covid 19,” ujar Plt Kepala Dinkes P2KB Setiorini Sayekti, (1/7).

Berdasarkan data Dinkes P2KB, pemanfaatan ambulans siaga tahun 2020 di enam puskesmas yang ada di Kota Probolinggo mencapai 393 kasus. Sedangkan di tahun 2021 (hingga Juni) mencapai 614 kasus. Kasus Covid 19 masuk dalam kategori rujukan kasus gawat tidak darurat dan mendominasi pemanfaat ambulans siaga di Kota Probolinggo.

“Keberadaan ambulans siaga sudah sesuai dengan tujuan dari Bapak Wali Kota untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Agar dapat memberikan respon cepat jika ada kasus gawat darurat atau masyarakat yang membutuhkan ambulans,” jelas Rini, yang juga Asisten Perekonomian dan Pembangunan ini.

Rini menjelaskan, mobilitas ambulans siaga melalui 112 selama pandemi ini melakukan penjemputan baik dari rumah warga kemudian ke RSUD dr Mohamad Saleh atau ke rumah isolasi di rusunawa Mayangan. “Tergantung dari jenis kasusnya, jika ke rusunawa berarti membutuhkan karantina terpusat,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, masyarakat yang mau menggunakan layanan ambulans siaga aksesnya melalui 112. Saat membutuhkan dipersilahkan menghubungi nomor tersebut dengan memberikan data yang lengkap sehingga mudah bagi petugas melakukan penjemputan dengan cepat. Ditanya soal personil, saat ini sopir sudah lengkap dan dibekali SOP pengiriman kondisi pasien dalam kondisi darurat dan non gawat darurat.

Sementara itu, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin bersyukur bahwa ambulans siaga yang dimaksudkan untuk memaksimalkan akses masyarakat ke fasilitas kesehatan dapat dirasakan manfaatnya.

“Tidak berharap yang buruk, tetapi di masa pandemi ini ambulans siaga dapat membantu petugas menjemput pasien Covid 19. Jadi, apa yang sudah kami perjuangkan bisa benar-benar bermanfaat untuk masyarakat. Alhamdulillah,” terang Habib Hadi. (famydecta)

Anda mungkin juga berminat