Batik Probolinggo Ikuti Kompetisi UKM Berprestasi Tahun 2021

Salah satu pengrajin IKM Kota Probolinggo masuk 5 nominator terpilih kompetisi UKM Berprestasi Tahun 2021 kategori Wirausaha Muda Berprestasi, yang diselenggarakan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur. Lomba ini digelar sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Koperasi Nasional tanggal 12 Juli.

703

 

KRAKSAAN-ONLINE.ID | PROBOLINGGO, Masyarakat Kota Probolinggo patut berbangga, karena salah satu pengrajin IKM Kota Probolinggo masuk 5 nominator terpilih kompetisi UKM Berprestasi Tahun 2021 kategori Wirausaha Muda Berprestasi, yang diselenggarakan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur. Lomba ini digelar sebagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Koperasi Nasional tanggal 12 Juli.

Adalah Day Art milik Friday Purnama Sari yang beralamat di Jalan Merapi 142 Kelurahan Triwung Lor, Kota Probolinggo. Dirintis sejak tahun 2012, Day Art merupakan usaha kecil yang berawal dari jasa desain motif batik dan sekarang sudah berkembang menjadi pengrajin batik tulis.

Banyak penghargaan dan pengakuan diraih oleh Day Art baik di tingkat Kota Probolinggo maupun Nasional. Bahkan karyanya yang bernama Batik Godong Pelem dan Batik Samudera sudah menjadi seragam batik resmi ASN di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo.

Friday mengungkapkan, partisipasi Day Art dalam lomba kali ini tidak lepas dari dukungan dari DKUPP sebagai dinas yang menaungi IKM Kota Probolinggo. “Yang awal “mengompori” itu dari Dinas DKUPP, yang menginformasikan pada saya, menawarkan mau ikut lomba apa ndak? Sebetulnya saya antara siap, ndak siap,” ungkapnya.

Untuk meyakinkan tim penilai dari Provinsi Jawa Timur, Friday mengaku sudah menyiapkan karya unggulan batik tulis Pop Art. “Produk unggulannya itu kan kita ada motif Pop Art, jadi Popular Art itu motif-motifnya dengan warna-warna cerah. Nah kita jadi tidak harus dengan pakem batik yang seperti parang, kawung atau apa gitu. Jadi kita pangsa pasarnya itu lebih ke anak muda, ke dewasa jadi masuk semua kalangan,” terang Friday yang berharap bisa lolos sebagai juara.

Penilaian lomba UKM Berprestasi Tahun 2021 terdiri dari beberapa kriteria, salah satunya adalah penilaian kualitas produk. “Semua kriteria utamanya terkait legalitas ya, legalitas produk, terus sertifikasi kelengkapan, sertifikasi usahanya dari badan usahanya juga merk, standarisasi produknya, juga dari kualitas produknya, proses pembuatannya, bahkan dari tenaga kerjanya juga kami nilai,” terang salah satu tim penilai yang melaksanakan visitasi lapangan pada hari Kamis (1/7) siang di IKM Day Art.

Selanjutnya akan dilakukan paparan presentasi dihadapan tim penilai yang akan dilaksanakan pada hari Jumat (9/7) di Kantor Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Jawa Timur. (dewanta)

Anda mungkin juga berminat