HomeKemasyarakatan

Pandemi, Petani Asal Kraksaan Sukses Kembangkan Bawang Merah Jumbo

Pandemi, Petani Asal Kraksaan Sukses Kembangkan Bawang Merah Jumbo

KRAKSAAAN ONLINE  – Meski Pandemi Covid-19, Seorang petani di Kelurahan Kraksaan Wetan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo, mengembangkan komoditas bawang merah berkualitas super. Bawang merah ini akan menghasilkan produksi di atas rata-rata daerah penghasilnya.

“Benih bawang merah yang kami tanam ini berjenis Varietas Biru Lancor, ternyata setelah ditanam, hasil produksinya sangat baik,” jelas Ketua Kelompok Tani Harapan 2, Dhiya’ Ul Haq.

Menurutnya, awal mula dirinya menanam bawang merah ini adalah coba-coba. Sehingga, pada periode pertama tidak menghasilkan yang diinginkan.

“Saya hanya nyoba-nyoba awalnya. Namun, pada periode pertama hasilnya tidak sesuai harapan. Dan Alhamdulillah, di periode ke dua sudah ada harapan dengan kualitas yang baik,” katanya.

Dengan hasil tanam yang baik tersebut, ia mencoba kembali menanam hingga beberapa kali.

“Nah, pada saat penanaman ketiga kalinya ini, sudah menunjukkan hasil yang memuaskan dan maksimal,” ungkap Dia’.

Ketua Pamong Kebudayaan Kabupaten Probolinggo ini juga menyebutkan, pada saat akan melakukan penanaman bawang merah, pihaknya selalu melakukan konsultasi ke PPL (Penyuluh Pertanian Lapangan) Kraksaan.

“Kita terus belajar dan selalu komunikasi dengan PPL Kraksaan. Supaya itu tadi, hasilnya bagus. Ya, bisa dilihat sendiri bagaimana hasilnya sekarang,” paparnya.

Sementara itu, Petugas PPL Kraksaan, Wiyati Probohidayati menyebutkan, dirinya menyerap berbagai informasi dari petani yang ternyata setelah mencoba tidak ada kendala dan minim keluhan.

“Ini merupakan potensi yang besar jika terus dikembangkan, apalagi hasil panennya sangat memuaskan,” pungkasnya.(*)