HomeKemasyarakatan

Orang Terpapar Positif Virus COVID19 Kembali Bertambah

Orang Terpapar Positif Virus COVID19 Kembali Bertambah

 

 

KRAKSAAN ONLINE – Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo hingga Minggu (28/6/2020) mencatat orang terkonfirmasi positif Corona Virus Disease (COVID-19) di Kabupaten Probolinggo kembali bertambah.

Juru Bicara Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Probolinggo dr. Anang Budi Yoelijanto mengungkapkan saat ini orang positif virus Corona sebanyak 134 orang atau bertambah 3 orang dari sebelumnya sebanyak 131 orang dengan keterangan 14 orang masih dirawat dan menjalani isolasi, 116 orang sembuh dan 4 orang meninggal dunia.

“Tambahan 3 (tiga) orang terkonfirmasi positif COVID-19 ini merupakan Klaster Pelangi karena sumber penularannya terjadi secara horizontal dan tidak jelas dari mana. Yakni, laki-laki berusia 36 tahun dari Desa Kebonagung Kecamatan Kraksaan, perempuan berusia 29 tahun dari Desa Sukokerto Kecamatan Pajarakan dan laki-laki berusia 20 tahun dari Desa Brumbungan Kidul Kecamatan Maron,” katanya.

Untuk yang dari Desa Kebonagung Kecamatan Kraksaan ini memiliki riwayat kontak erat dengan pasien konfirmatif sebelumnya. Yang bersangkutan akhirnya dirapid test hasilnya negatif, tetapi pada saat dilakukan pemeriksaan swab hasilnya positif terinfeksi COVID-19 dari TCM (Tes Cepat Molekuler) RSUD Waluyo Jati Kraksaan.

“Saat ini yang bersangkutan sedang menjalani isolasi di rumah pengawasan Kabupaten Probolinggo dengan pengawasan ketat dari petugas medis Kabupaten Probolinggo,” jelasnya.

Selanjutnya yang dari Desa Sukokerto Kecamatan Pajarakan ini merupakan ibu yang baru saja melakukan proses persalinan di rumah sakit yang ada di Kota Probolinggo. Kemudian dilakukan pemeriksaan rapid test hasilnya reaktif dan mengikuti pemeriksaan swab hasilnya positif terinfeksi COVID-19 dari BBTKL Surabaya. “Yang bersangkutan saat ini masih proses pergeseran dari isolasi mandiri ke rumah pengawasan Kabupaten Probolinggo,” terangnya.

Kemudian yang dari Desa Brumbungan Kidul Kecamatan Maron ini memiliki riwayat perjalanan Surabaya dan Malang. Ketika berada di Malang yang bersangkutan sempat sakit. Saat pulang melakukan pemeriksaan rapid test hasilnya reaktif.

“Dia akhirnya menjalani pemeriksaan swab dan hasilnya positif terinfeksi COVID-19 dari BBTKL Surabaya. Yang bersangkutan saat ini sedang menjalani isolasi di rumah pengawasan dengan pengawasan ketat dari petugas medis Kabupaten Probolinggo,” tegasnya.

Menurut Anang, untuk trackingnya dari ketiga orang terkonfirmasi positif COVID-19 ini semua sudah dilakukan. Kemarin orang-orang yang ada di sekitarnya sudah dilakukan pemeriksaan rapid test. “Terus kita juga akan lebih masuk lagi kepada tempat-tempat sekitarnya, bahkan mungkin ada riwayat tempat-tempat orang kontak eratnya. Nanti semua akan kita kejar dan dilakukan pelacakan semua,” tambahnya.

Anang menambahkan nanti trackingnya masih akan diperluas lagi untuk mengetahui kontak-kontak erat yang sudah dilakukan oleh ketiganya. “Yang pasti apapun nanti hasil dari tracking orang-orang yang pernah kontak dan dekat dengan ketiganya akan dilakukan pemeriksaan rapid test serta pemeriksaan swab,” pungkasnya. (***)

INFO GRAFIS

* GRAFIS PETA PENYEBARAN