HomePendidikan

Kwarcab Pramuka Ikuti Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-59 Secara Virtual

Kwarcab Pramuka Ikuti Upacara Peringatan Hari Pramuka ke-59 Secara Virtual

KRAKSAAN ONLINE – Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo merupakan salah satu kwarcab di Indonesia yang mengikuti upacara peringatan Hari Pramuka ke-59 tahun 2020 secara virtual yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo dari Istana Negara Jakarta, Rabu (12/8/2020) sore.

Kegiatan yang dipusatkan di Gedung Satria Guna Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo ini dipimpin oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo yang juga Wakil Bupati Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi sejumlah pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo.

Peringatan Hari Pramuka ke-59 tahun 2020 yang dilaksanakan dalam situasi wabah COVID-19 ini sengaja diselenggarakan secara virtual dan mengikuti protokol kesehatan secara ketat dengan jumlah peserta yang dibatasi.

Dengan seksama Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko didampingi sejumlah pengurus mendengarkan sambutan yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo.

Dalam sambutannya Presiden RI Joko Widodo menyampaikan dari sejak bernama Pandu, Pramuka Indonesia selalu mencetak generasi yang tangguh. Tangguh menghadapi setiap tantangan, disiplin dalam bertindak, tidak gentar untuk menghadapi setiap rintangan, selalu peduli dan siap berkorban untuk sesama.

“Dan di era pandemi COVID-19 yang berat sekarang ini, jiwa dan karakter seperti itulah yang kita butuhkan. Kita disiplin mengikuti protokol kesehatan, disiplin memakai masker, disiplin jaga jarak dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk bersama-sama disiplin melaksanakannya,” ungkapnya.

Oleh karena itu Joko Widodo meminta pramuka untuk membuat dua gerakan nasional. Yakni, gerakan kedisiplinan nasional yang mengajak semua anggota masyarakat untuk disiplin mengikuti protokol kesehatan dan gerakan kepedulian nasional yang mengajak masyarakat untuk saling membantu, saling peduli dan saling berbagi.

“Dua gerakan ini bukan hanya untuk membantu penanganan masalah nasional akibat pandemi, tetapi dua gerakan tadi akan semakin mengasah jiwa dan karakter kepemimpinan dalam memperdalam jiwa Pramuka sejati sebagaimana tertuang dalam Dwidarma, Trisatya dan Dasadarma Pramuka,” tegasnya.

Usai mengikuti upacara peringatan Hari Pramuka ke-59 secara virtual, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Kak Drs. HA. Timbul Prihanjoko menyampaikan Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo menjadikan peringatan Hari Pramuka ke-59 ini sebagai momentum untuk lebih meningkatkan pengabdian kepada masyarakat dan kecintaan terhadap lingkungan.

“Alhamdulillah, apa yang disampaikan oleh Bapak Presiden sudah dilakukan oleh gerakan pramuka di Kabupaten Probolinggo. Terutama dalam meningkatkan kedisiplinan serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. Sekaligus keterlibatan pramuka dalam membantu penanganan COVID-19,” katanya.

Kepada seluruh pegiat pramuka dan masyarakat di Kabupaten Probolinggo Kak Timbul mengucapkan terima kasih yang sudah mewarnai dan terus menerus membantu gerakan pramuka di Kabupaten Probolinggo selangkah lebih maju.

“Harapan saya ke depan seluruh stakeholder, masyarakat dan adik-adik pramuka, mari kita bersama-sama untuk lebih meningkatkan pengabdian kita kepada masyarakat dan lebih meningkatkan ketrampilan sehingga nantinya gerakan pramuka betul-betul dibanggakan oleh masyarakat Kabupaten Probolinggo,” harapnya. (*)