Plt Bupati Timbul Lepas Ribuan Goweser Genggong Go Green Carnival

1.774

PAJARAKAN – Plt Bupati Probolinggo Drs HA Timbul Prihanjoko mengikuti dan sekaligus berkesempatan melepas ribuan pesepeda (goweser) dari berbagai genre dari halaman P5 Pondok Pesantren (Ponpes) Zainul Hasan Genggong Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo, Minggu (30/1/2022) pagi.

Even tahunan bertajuk Genggong Go Green (G3) Carnival tersebut juga diikuti oleh Inisiator Genggong Go Green Gus dr. Moh. Haris Damanhuri, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Timur sekaligus Pengasuh Ponpes Zainul Hasan Genggong KH Moh. Hasan Mutawakkil Alallah, Dandim 0820/Probolinggo Letkol Arh Arip Budi Cahyono, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Probolinggo David P. Duarsa serta Kepala Bakorwil V Jember Imam Hidayat.

Gowes bersama yang menandai pungkasan gelaran G3 Carnival tersebut memang selalu mampu menyedot antusias masyarakat penghobi gowes. Pasalnya selain menyediakan hadiah utama yang menarik yakni tiga unit motor, event ini menyediakan tiga jalur yang berbeda bagi berbagai genre bersepedanya, mulai dari sepeda tua, funbike, MTB sampai Roadbike.

Tiga jenis rute pun memiliki tantangan yang berbeda-beda sesuai dengan spesifikasi sepeda masing-masing peserta. Untuk penggemar Road bike misalnya, panitia menyediakan jalur beraspal khas pegunungan sejauh 25 kilometer dengan delapan kilometer diantaranya berupa jalur sprint menanjak sebagai penentu juaranya.

Begitu pula dengan genre Montain Bike (MTB) yang pakem peruntukannya pada jalur cadas, panitia pun telah menyiapkannya. Tak hanya aral dan kerikil tajam yang menjadi halang rintangnya, mereka yang memilih jalur ini juga harus memiliki stamina yang prima. Salah satu rintangan yang berkesan adalah mereka harus memikul sepedanya dengan melalui perahu karet yang berjajar membentuk formasi jembatan.

Sementara untuk jalur yang lebih ringan peserta bisa memilih karakter jalur cross country (fun bike) sepanjang 15 kilometer yang relatif nyaman untuk dilalui segala jenis sepeda. Jalur ini menawarkan keasrian jalur pedesaan dan sapaan hangat warga desa setempat.

Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko sangat mengapresiasi tema dan pelaksanaan event G3 Carnival tersebut. Manfaatnya selain mengolahragakan masyarakat melalui media yang murah meriah, juga untuk menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.

“Saya pikir ini even yang cukup hebat karena mampu menyatukan beberapa genre pada trend bersepeda saat ini. Semua komunitas bersepeda dapat ditampung melalui event ini, sehingga tua dan muda hadir meramaikan event Genggong Go Green ini,” ungkap Timbul Prihanjoko.

Sementara itu Inisiator Genggong Go Green, Gus dr. Moh. Haris Damanhuri mengemukakan bahwa segenap rangkaian kegiatan pada even G3 Carnival ini merupakan ikhtiar bersama. Yakni penanaman pohon untuk menjaga kelestarian lingkungan serta olahraga bersepeda agar tubuh tetap sehat dan prima.

“Jadi target kita kedepannya bersepeda dan menanam pohon menjadi sebuah budaya dan gaya hidup untuk masyarakat Kabupaten Probolinggo. Disamping mampu mengurangi polusi, kesehatan kita pun tetap terjaga,” tandasnya.

Dalam agenda ini Forkopimda dan undangan pejabat lainnya juga berkesempatan melakukan penanaman pohon alpukat bersama pada lingkungan masyarakat di Desa Karangpranti Kecamatan Pajarakan.

Sumber : Portal Kabupaten Probolinggo

Anda mungkin juga berminat