HomeTeknoInfo Tekno

Instagram Luncurkan Reels Pesaing TikTok

Instagram Luncurkan Reels Pesaing TikTok

Bulan lalu merupakan hari terburuk bagi TikTok, aplikasi asal Tiongkok kedapatan sedang membaca data dari clipboard pengguna. Aplikasi milik ByteDance ditendang Apple, setelah pengguna TikTok diberi tahu oleh Apple bahwa TikTok membaca data dari clipboard mereka.

Disaat yang bersamaan, pemerintah India minggu lalu Senin melarang 59 aplikasi Cina menuduh TikTok terlibat dalam kegiatan yang merugikan kedaulatan dan integritas India. USA sendiri melalu Sekretaris Negara AS Mike Pompeo mengatakan pada hari Senin bahwa Amerika Serikat sedang “melihat” pelarangan aplikasi video populer asal Tiongkok TikTok di belakang undang-undang baru di Hong Kong.

Mengambil keuntungan dari situasi ini, Instagram dan perusahaan induk Facebook mengumumkan peluncuran Reels sebagai pesaing untuk TikTok. Aplikasi Reels ini memungkinkan pengguna untuk merekam video 15 detik dan menambahkan musik dari perpustakaan besar atau merekam lagu latar belakang mereka sendiri. Rekaman yang dibuat di Reels dapat dibagikan melalui Cerita Instagram atau dalam posting. Reels ini memungkinkan Anda membuat dan mengedit klip video pendek hingga 15 detik di Instagram Camera dan berpotensi menjadi viral.

Ini bukan pertama kalinya Facebook berupaya menyalip TikTok. Pada akhir 2018, Facebook meluncurkan Lasso, aplikasi berbagi video singkat yang ditujukan untuk remaja. Pada saat itu, Lasso dipandang sebagai jawaban Facebook untuk ByteDance’s TikTok, sebuah aplikasi yang ketiga paling populer di kalangan remaja. Facebook kemudian membuat keputusan untuk menutup Lasso. Aplikasi ini dijadwalkan akan ditutup pada 10 Juli. Pengamat juga mengatakan penutupan itu mungkin ada hubungannya dengan peluncuran Reels.

Dikutip dari : techstartups