Tingkatkan SDM Usaha Wisata, Bupati Gelar Webinar Ngopi Dengan Menparekraf

Foto: Webinar Ngopi Menparekraf dan Bupati Probolinggo, juga diikuti Kepala Dinas Pemuda, Olah Raga, Pariwisata dan Kebudayaan, Ketua Forum Komunikasi Pokdarwis Kab Probolinggo, Ketua Faji Kabupaten Probolinggo dan Pelaku Ekonomi Kreatif, secara zoom meeting.

876

 

KRAKSAAN-ONLINE.ID | PROBOLINGGO, Menteri Parekraf (pariwisata dan ekonomi kreatif) RI dan Bupati Probolinggo, gelar webinar Ngopi (ngobrol penuh inspirasi), Kamis lalu (24/6/2021). Menjadi tantangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, pembangunan dan pengembangan tempat pariwisata di Kabupaten Probolinggo, harus diimbangi dengan pembangunan SDM.

Karena itu, Bupati Probolinggo, Hj. P. Tantriana Sari mendesak Kementeria Parekraf untuk ikut membangun dan meningkatkan SDM, dengan kegiatan pelatihan-pelatihan. Permintaan itu pun, diiyakan dan akan disuport oleh menparekraf, di tahun ini dan tahun depan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda Olahraga (Disporaparbud) Kabupaten Probolinggo, Sugeng Wiyanto. Saat ditemui kemarin, Sugeng mengatakan, tindak lanjut dari komunikasi Bupati Probolinggo dengan menparekraf sebelumnya, diadakan webinar. Untuk menarik kegiatan-kegiatan kemenparekraf dan bisa diakses langsung oleh masyarakat kabupaten Probolinggo.

”Salah satu prioritas yang menjadi perhatin ibu Bupati, untuk mendapatkan dukungan dari kementerian pariwisata adalah pengembangan dan pembangunan tempat wisata, diimbangi dengan peningkatan SDM,” katanya.

Sugeng mengungkapkan, hampir tiap tahun, pembangunan tempat wisata, khususnya di wilayah BTS (bromo tengger semeru) menjadi perhatian serius Kemenparekraf. Termasuk tahun ini, rencana pembangunan jembatan kaca di wilayah puncak seruni point Sukapura dan pembangunan di wisata lain pendukung BTS.

Nah, yang perlu menjadi perhatian, harus adanya peningkatan SDM pelaku usaha wisata ataupun ekonomi kreatif di Kabupaten Prboolinggo, dengan pelatihan-pelatihan. Sehingga, pembangunan dan pengembangan tempat wisata, diimbangi dengan SDM nya.

”Pokdarwis di kabupaten probolinggo dalam webinar dengan menteri pariwisata, usulkan peningkatan SDM. Alhamdulillah, pak menteri akan suport kegiatan pelatihan peningkatan SDM dibutuhkan. Sehingga, sangat bermanfaat bagi masyarakat sektor usaha dan ekonomi kreatif,” terangnya.

Sugeng mengaku, tahun ini ada kegiatan pelatihan peningkatan SDM bagi pelaku wisata dan usaha ekonomi kreatif. Namun, tahun depan, pihaknya akan ajukan lebih banyak kegiatan peningkatan SDM ke Kemenparekraf. Sehingga, para pelaku usaha wisata dan sektor ekonomi kreatif, siap dengan pembangunan tempat wisata yagn terus dikembangkan.

”Sektor pariwisata yang sudah turun dari kemenpar, itu pembangunan dari DAK. Usulkan tahun 2022, juga usulkan pembangunan fisik. Tapi lebih tekankan pada SDM. Dalam rangka siapkan pemkab, menyongsong BTS menjadi skala prioritas. Sehingga, saat sarana sudah luar biasa, SDM sudah siap. Baik SDM di keahlian sektor pariwisata, kulinter, dan lainnya,” terangnya. (Tus)

Anda mungkin juga berminat