Google Doodle Tampilkan Ibu Sandiah Kasur

417

Google Doodle tampilkan tokoh pendidikan Indonesia ibu Sandiah atau lebih dikenal ibu Kasur, beliau dikenal juga sebagai seniman. Ibu Sandiah yang aktif di Kepanduan Indonesia ini lahir di Jakarta 16 Januari 1926 dan menikah dengan Soerjono yang lebih dikenal dengan pak Kasur. Bersama Pak Kasur pula, ia menjadi pembawa acara Taman Indria di TVRI dan juga pendiri TK Mini di Jakarta. Ketika televisi swasta muncul pada awal 1990-an, Ibu Kasur tampil dalam acara kuis Hip Hip Ceria di RCTI.

ibu-sandiah-kasurDi samping sebagai pendidik dan pemerhati anak-anak, Ibu Kasur juga dikenal sebagai pencipta lagu anak-anak. Karyanya antara lain berjudul Kucingku, Bertepuk Tangan, dan Main Sembunyi. Ibu Kasur sering menjadi pembicara seminar-seminar yang berhubungan dengan dunia anak. Memimpin Yayasan Setia Balita yang memiliki lima buah taman kanak-kanak di Jakarta, pun dia sanggup. Ia juga sempat menjadi pengasuh sebuah rubrik di majalah anak-anak Bocil. Berbagai penghargaan termasuk dari dunia internasional pernah diterimanya. Sebut saja Bintang Budaya Parama Dharma dan predikat pembawa acara anak-anak legendaris dari sebuah stasiun televisi.

Ibu Sandiah Kasur meninggal di Rumah Sakit Cikini, Jakarta, pada tanggal 22 Oktober 2002 akibat serangan stroke. Ia dimakamkan di samping makam Pak Kasur di Desa Kaliori, Kalibagor, Banyumas, Jawa Tengah.

Google Doodle telah menampilkan sejumlah tokoh dari Indonesia antara lain RA Kartini, Pak Tino Sidin, Ismail Marzuki, Pramoedya Ananta Toer, Samaun Samadikun, Roehana Koeddoes, Ellya Khadam dan masih banyak lainnya.

Google Doodle hadir untuk perubahan sementara logo Google pada halaman depan memperingati hari libur, acara, penghargaan, dan tokoh sejarah terkenal dari negara tertentu. Google Doodle pertama pada tahun 1998 menghormati acara tahunan Burning Man yang telah berlangsung lama di Black Rock City, Nevada, dan dirancang oleh rekan pendiri Larry Page dan Sergey Brin untuk memberi tahu pengguna tentang ketidakhadiran mereka jika seandainya server mengalami crash. Selanjutnya Google Doodle hadir rutin dan dirancang oleh tim karyawan terdiri dari Ilustrator, insinyur, dan seniman yang mendesain Google Doodle disebut “Doodlers”.

Google Doodle pertama kali hadir tahun 1998 (sumber wikipedia)

Awalnya Doodle bukanlah animasi atau hyperlink, Doodle hanyalah gambar dengan teks yang menjelaskan subjek atau mengekspresikan ucapan selamat. Doodle meningkat dalam frekuensi dan kompleksitas pada awal tahun 2010-an. Pada Januari 2010 Doodle animasi pertama menghormati Sir Isaac Newton. Doodle interaktif pertama muncul tak lama setelah merayakan Pac-Man, dan hyperlink juga mulai ditambahkan ke Doodle, biasanya menghubungkan ke halaman hasil pencarian untuk subjek Doodle. Pada tahun 2014, Google telah menerbitkan lebih dari 2.000 Doodle regional dan internasional di seluruh berandanya, sering kali menampilkan artis tamu, musisi, dan tokoh. Pada 2019, tim “Doodlers” telah membuat lebih dari 4.000 orat-oret untuk beranda Google di seluruh dunia.

Dikutip berbagai sumber Google Doodle dan Wikipedia

Anda mungkin juga berminat