Microsoft Perkenalkan Sistem Operasi Terbarunya Windows 11

Windows 11 membawa perubahan besar pada User Interface

622

Pekan lalu Microsoft memperkenalkan Windows 11, salah satu fitur utama dari sistem operasi “Next Generation” adalah perubahan visual. Microsoft merilis video tentang bagaimana ia merancang OS barunya, dengan memamerkan sudut bulatan baru, ikon dan banyak lagi.

Beberapa perubahan UI yang ditunjukkan Microsoft dalam presentasinya, dan bagaimana perbandingannya dengan Windows 10.

Bagian Star Menu dan Taskbar

Microsoft memindahkan tombol Start dari sudut kiri bawah ke tengah layar. Meskipun ini adalah perubahan yang lebih kecil daripada apa yang dilakukan Microsoft dengan layar Start di Windows 8, kemungkinan masih perlu membiasakan diri untuk perubahan ini. Karena selama 25 tahun memori kita selalu menilik sebelah kiri.

windows11

Star Menu Windows 11

Icon Modern

Microsoft memberikan perhatian khusus pada ikon dibutuhkan di Windows 11, yang merombak beberapa gambar yang telah ada sejak tahun 90-an – meskipun masih menyertakan ikon floppy disk. Microsoft memamerkan beberapa ikon baru seperti gambar di bawah.

Icon Windows 11

File Explorer

Pada sisi atas File Explorer juga tampaknya mendapat beberapa penyesuaian — tab tampak hilang, digantikan oleh deretan tombol yang tampaknya lebih dioptimalkan untuk disentuh. Ikon baru yang disebutkan di atas juga menambah tampilan yang diperbarui.

File Explorer Windows 11

Mode Tablet

Microsoft juga memamerkan kecakapan layar sentuh pada Windows 11 meski sebelum sudah ada di Windows 10 untuk mode tablet. Pada sisi taskbar terdapat bilah ikon yang mampu menghaluskan proses transisi sehingga untuk melakukan perpindahan lebih mudah dengan diseret dan ketuk.

Mode Tablet Windows 11

Wallpaper

Microsoft memiliki koleksi wallpaper baru untuk Windows 11, dengan yang default tampak seperti sepotong karang yang terbuat dari kaca.

Wallpaper Windows 11

Sumber : The Verge

Anda mungkin juga berminat