Bersiap-siap Beralih Ke Televisi Digital

Pemirsa televisi analog siap beralih ke televisi digital mulai 17 Agustus 2021 ini.

1,745

Dengan Motto Bersih – Jernih – Canggih migrasi televisi digital Indonesia resmi dikibarkan bendera start. Setelah hampir 60 tahun Indonesia televisi analog bakal beralih televisi digital selambatnya-lambatnya 2 November 2022.

Dalam masa peralihan ke siaran televisi digital, masyarakat bakal tetap bisa menonton siaran televisi analog, dan diharapkan masyarakat untuk mulai merubah tangkapan sinyal antena di rumah dari siaran analog ke digital.

Tahap pertama akan dilakukan paling lambat mulai 17 Agustus 2021 yang mencakup beberapa wilayah antara lain Aceh, Banten, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Sehingga, mulai 17 Agustus nanti, pengguna TV analog di wilayah-wilayah tersebut tidak bisa lagi menikmati siaran tv analog dan harus beralih ke televisi digital.

Masterplan TV Siaran Digital Terestrial Pita UHF dapat dilihat disini dan Peta ISR TV Digital dapat lihat disini

Untuk bisa menonton siaran televisi digital, langkah pertama permirsa perlu pastikan bahwa di daerah anda sudah terdapat siaran televisi digital.

Kedua, pemirsa memerlukan antena rumah biasa, yaitu antena UHF baik berupa antena luar rumah (outdoor) atau antena dalam rumah (indoor) yang juga biasa digunakan untuk menangkap siaran televisi analog.

Dan ketiga, pastikan bahwa televisi di rumah sudah dilengkapi dengan penerima siaran televisi digital DVBT2 (Digital Video Broadcasting — Second Generation Terrestrial).

Untuk menangkap siaran televisi digital anda memerlukan perangkat set top box yang telah tersertifikasi oleh Kominfo. Set Top Box akan membantu sinyal televisi digital yang ditangkap oleh antena lalu ditampilkan televisi yang anda miliki meski televisi siaran analog. Perangkat set top box ini di marketplace berkisar antara Rp. 210.000 hingga Rp. 500.000,-.

Perangkat STB Bersertifikasi :

  • STB Merk POLYTRON Tipe PDV 600T2
  • STB Merk ICHIKO Tipe 8000HD
  • STB Merk AKARI Tipe ADS-2230,ADS-210,ADS-168
  • STB Merk VENUS Tipe Brio
  • STB Merk TANAKA Tipe T2
  • STB Merk NEXMEDIA Tipe NA1300/DVB-T2 MPEG4
  • STB Merk MITO Tipe 3255

Untuk Mengetahui lokasi anda telah tersedia Televisi siaran digital, anda dapat mengunduh aplikasi yang tersedia di playstore dan appstore.

Sumber : Kominfo dan berbagai sumber

Anda mungkin juga berminat