WhatsApp Bakal Tidak Berfungsi Di Sejumlah Android Dan IOS, Ini Daftarnya

272

Mulai senin kemarin (1 November), aplikasi berkirim pesan WhatsApp resmi akan berhenti bekerja pada sejumlah perangkat Android (perangkat lunak seluler Google) serta perangkat iOS buatan Apple. Perubahan memiliki resiko bagi pengguna bakal kehilangan obrolan ketika perusahaan menerapkannya.

Namun, hal utama yang perlu diperhatikan adalah bahwa berakhirnya dukungan WhatsApp hanya akan berdampak pada pengguna yang menggunakan versi lama dari kedua sistem operasi tersebut. Menurut Facebook, pemilik WhatsApp, smartphone yang menggunakan Android 4.0.3 atau lebih rendah tidak akan didukung oleh platform perpesanan.

Dalam kasus Apple, batas telah ditetapkan pada iOS 9 atau lebih rendah. WhatsApp juga telah membagikan daftar smartphone yang termasuk dalam kategori ini dan tidak akan dapat menggunakan platform perpesanan mulai 1 November.

Berikut daftar ponsel tersebut:

Apple:

iPhone 6, iPhone 6s plus, iPhone SE

Android (berdasarkan produsen ponsel):

LG: Lucid 2, Optimus F7, Optimus F5, Optimus L3 II, Dual Optimus L5, Best L5 II, Optimus L5, Dual Best L3 II, Optimus L7, Optimus L7, Dual Best L7 II, Optimus F6, Enact Optimus F3, Best L4 II, Best L2 II, Optimus Nitro HD, Optimus 4X HD and Optimus F3Q.

Huawei: Ascend G740, Ascend Mate, Ascend D Quad XL, Ascend D1 Quad XL, Ascend P1 S, and Ascend D2.

Samsung: Galaxy Trend Lite, Galaxy Trend II, Galaxy SII, Galaxy S3 mini, Galaxy Xcover 2, Galaxy Core and Galaxy Ace 2.

ZTE: Grand S Flex, ZTE V956, Grand X Quad V987 and Grand Memo.

Sony: Xperia Miro, Xperia Neo L, and Xperia Arc S.

Ada beberapa ponsel lain dari merek yang kurang dikenal, seperti Alcatel, Archos 53 Platinum, HTC Desire 500, Caterpillar Cat B15, Wiko Cink Five, dan Wiko Darknight, Lenovo A820 UMi X2, Run F1, THL W8 yang harus mengucapkan selamat tinggal WhatsApp.

Masalah terbesar adalah perangkat yang tidak didukung WhatsApp tidak akan dapat mengakses pembaruan keamanan. Hal ini membuat mereka menjadi target yang diinginkan para peretas, yang dapat memanfaatkan kerentanan ini untuk mencuri data pengguna.

WhatsApp menyarankan untuk beralih ke perangkat yang lebih baru untuk terus menggunakan aplikasi perpesanan dan menghindari penutupan akun besar-besaran.

Jika tidak, pengguna tidak akan dapat lagi menikmati fungsi aplikasi. Ini termasuk ketidakmungkinan terhubung ke WhatsApp Web karena untuk memasuki platform, WA meminta untuk memindai kode QR dari aplikasi yang diunduh di ponsel.

Kabar baiknya adalah bahwa akun yang ditutup dapat diaktifkan kembali dengan nomor telepon yang sama, segera setelah pengguna mengunduh WhatsApp dan masuk dari perangkat yang lebih baru yang memenuhi persyaratan baru.

Sumber : Blog WhatsApp

Anda mungkin juga berminat